Kualifikasi Piala Dunia 2026: Shin Tae-yong Optimistis Timnas Indonesia Menang Lawan Vietnam

March 14, 2024

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Football Room – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong optimistis timnya mampu mengatasi perlawanan Vietnam dalam lanjutan kualifikasi putaran kedua Piala Dunia 2026 zona Asia.

Seperti diketahui, skuad Garuda memang dijadwalkan bersua dua kali dengan The Golden Star dalam pertandingan Grup F yang dihelat pada Kamis (21/3/2024) dan Selasa (26/3/2024) mendatang.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong bakal lebih dulu menjamu Timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sebelum gantian bertandang ke My Dinh National Stadium lima hari berselang.

Sebanyak 28 pemain telah dipanggil oleh juru taktik skuad Garuda untuk membela Merah Putih di pertandingan kali ini. Kombinasi pemain lokal Liga 1, penggawa abroad, hingga sejumlah nama naturalisasi baru menghiasai daftar skuad pilihan Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan pun optimistis tim racikannya dapat tampil maksimal saat melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Apalagi skuad Garuda akan memperoleh tambahan kekuatan berkat kehadiran Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, dan Jay Idzes yang baru perdana dipanggil ke Timnas Indonesia.

“Sebagai pelatih kepala, saya optimistis. Saya serius menyiapkan tim semaksimal mungkin,” ucap Shin Tae-yong di Jakarta pada Rabu (23/3/2024), seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

“Saat bertemu dengan beberapa pemain timnas di Eropa, saya menyempatkan diri berbicara, makan malam, dan membangun motivasi para pemain untuk menang melawan Vietnam,” sambung juru taktik yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan itu.

STY Kantongi Rekor Bagus Lawan Philippe Troussier

Foto: Gol Penalti Asnawi Mangkualam Bawa Timnas Indonesia Sikat Vietnam, Buka Peluang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Berkaca dari rekor pertemuan terakhir, Timnas Indonesia di bawah racikan Shin Tae-yong sejatinya mengantongi catatan bagus melawan pasukan Philippe Troussier. Skuad Garuda pernah berhasil menaklukkan The Golden Star kala berjumpa di ajang Piala Asia 2023.

Kendati begitu, juru taktik Timnas Indonesia ogah jemawa mengomentari prospek pertemuannya lagi dengan anak-anak asuh Troussier. Menurutnya, sepak bola dinamis dan tidak bisa diduga, meski STY tetap optimistis mampu memenangkan pertandingan.

“Terakhir kami menang satu gol di Asian Cup. Bagaimana besok? Sepak bola tidak sesederhana skor,” ucap Shin Tae-yong, mengutip situs resmi PSSI.

Timnas Indonesia Terkunci di Dasar Klasemen